PILIHAN EDITOR

  • Kelembutan Krem Di Ruang Tamu Shabby Chic

  • Kamar Tidur Nyaman Dengan Gaya Urban

  • Desain Urban Dengan Kombinasi Warna Biru dan Putih

  • Desain Ruang Tamu Bergaya Urban

  • Fasade Rumah Desain Modern Urban

  • Ruang Keluarga Minimalis Dengan Balutan Warna Abu-Abu Putih

  • Tips Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis

CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> CAT

CAT

Masalah Caulk Failures Pada Cat Tembok

Masalah pengecatan biasanya disebabkan salah satunya karena teknik aplikasi yang kurang tepat. Sehingga timbul masalah yang membuat hasil pengecatan menjadi tidak sempurna, salah satunya yaitu Caulk Failures.

 

Mengatasi Masalah Cat Tembok Belang

Masalah pengecatan yang sering dialami salah satunya yaitu lapisan cat tembok tampak belang atau membentuk pola basah pada dinding serta warna cat tampak pudar sebagian. Hal tersebut terjadi karena adanya rembesan pada dinding yang disebabkan oleh naiknya permukaan air tanah (kapilaritas). 

 

Masalah Bubbles Pada Lapisan Cat

Pengecatan yang dilakukan tanpa mengikuti aturan yang ada dapat memunculkan kerusakan-kerusakan pada lapisan cat yang telah diaplikasikan. Beberapa penyebabnya adalah persiapan permukaan yang tidak baik, teknik aplikasi yang tidak tepat. 

 

Lapisan Cat Mengalami Lapping

Masalah lapping pada lapisan cat yaitu tampilan warna padat atau gloss yang tak rata, di mana lapisan basah dan kering tumpang tindih selama aplikasi cat. Lapping biasanya disebabkan karena gagal menjaga waktu batas basah ketika pengecatan dan penggunaan cat berkualitas rendah.

Mengatasi Lapisan Cat Yang Pudar

Lapisan cat pada tembok sering kali mengalami masalah seperti pudarnya warna. Hal tersebut kebanyakan terjadi pada dinding bagian luar atau eksterior. Hal ini berkaitan dengan daya tahan cat yang lemah terhadap perubahan cuaca karena memiliki kualitas rendah. 

Masalah Saponification Pada Cat

Salah satu masalah pengecatan yaitu lapisan cat mengalami saponificationatau penyabunan. Masalah seperti ini terjadi akibat serangan alkali pada lapisan cat yang bahan perekatnya mengandung minyak seperti alkyd gloss enamel. 

Lapisan Cat Belang dan Basah

Lapisan cat terlihat belang dan basah disebabkan karena kondisi dinding yang memiliki kelembaban dan kadar basa yang tinggi. Hal tersebut dapat terjadi pada dinding yang baru selesai proses pengerjaannya baik diplester atau diaci sehingga proses pengeringannya belum sempurna. 

Cat Mengalami Roller Marks

Masalah pengecatan sering kali muncul setelah proses aplikasi selesai. Misalnya saja lapisan cat mengalami roller marks. Dimana pada lapisan cat yang sudah diaplikasikan terdapat bekas jejak roller (bintik/titik-titik). Atau pola bertekstur dari roller yang tanpa sengaja tertinggal di permukaan yang dicat. 

Lapisan Cat Mengalami Foaming

Salah satu masalah pengecatan yang banyak dialami yaitu foaming/cratering. Yaitu pembentukan gelembung (busa) yang menghasilkan lubang bulat kecil yang dalam, berbentuk kawah, yang terjadi ketika gelembung pecah dalam film cat, baik ketika saat cat diaplikasikan atau pada saat proses pengeringan.

Masalah Blocking Pada Cat Tembok

Blocking yaitu masalah menempelnya substrate yang telah diaplikasikan cat dengan jenis benda lain. Sehingga, lapisan cat menjadi rusak, misalnya pintu yang telah di cat menempel pada kusen. Penyebabnya yaitu cat yang belum kering sempurna tapi telah menempel dengan benda lain.

 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL