CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> CAT Bijak Memilih Sesuaikan Warna Cat Dengan Fungsi Ruangan

Sesuaikan Warna Cat Dengan Fungsi Ruangan

Untuk menciptakan keindahan ruang pada sebuah rumah dapat dilakukan dengan permainan warna. warna-warna tersebut dapat Anda pilih sesuai dengan kesan yang akan Anda tampilkan untuk desain ruang rumah Anda.

sesuaikan warna cat dengan fungsi ruangan

Warna yang diaplikasikan pada sebuah ruang mampu menciptakan suasana dan pengaruh bagi penghuninya, jadi jangan sembarangan dalam mewarnai ruang. Sesuaikan warna yang Anda pilih dengan fungsi ruangan agar terlihat selaras dan nyaman. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengetahui makna psikologi dari warna utama yang sering digunakan untuk desain interior rumah seperti yang dikutip dari rumah idaman (facebook) berikut ini:

Ruang Keluarga

Warna Primer, mocca/coklat kayu, jika dikombinasikan dengan warna orange akan mentralisir kesan yang terlalu dinamis dan memberikan kesan nyaman dan hangat, tenang dan feminin.

Warna Sekunder, jingga/light orange, menimbulkan kesan hangat namun dinamis, dengan proporsi yang pas (bisa Anda konsultasikan dengan Arsitek) akan menambah aura positif dan optimisme, namun apabila terlalu dominan justru akan membuat kesan panas dan kaku.

Ruang Makan

Warna Primer, krem/beige/silky white, membangkitkan kesan rileks, sejuk dan lega sehingga suasana hangat akan tercipta ketika anggota keluarga berkumpul untuk makan bersama, dari sini diharapkan terjadi komunikasi positif dari masing-masing angota keluarga.

Warna Sekunder, hijau muda/spruce, menimbulkan kesan segar sehingga menambah efek psikologis terhadap selera makan.

Dapur

Warna Primer, hijau muda/spruce, menimbulkan kesan segar sehingga kreativitas untuk memasak akan tercipta dan menimbulkan efek gembira.

Warna Sekunder, biru laut/ocean blue, digunakan pada bagian dinding yang berdekatan dengan kompor dan alat masak lainnya serta areal tempat meracik bahan masakan sehingga kotoran dari minyak, asap dan sebagainya tidak terlalu tampak dan dapur tetap terkesan bersih dan rapi.

Kamar Mandi

Warna Primer, silky white, menimbulkan kesan lega dan bersih, dan memudahkan perawatan karena setiap kotoran yang timbul dapat dengan mudah dilihat dan dibersihkan.

Warna Sekunder Alternatif 1: Hijau muda/spruce, menimbulkan kesan segar dan dinamis sesudahnya sehingga menambah efek psikologis ketika selesai mandi akan merasa bertambah aktif dan fit serta menghilangkan kesan jorok di kamar mandi.

Warna Sekunder Alternatif 2: Merah muda/milky pink, menimbulkan kesan segar dan romantis sehingga menambah efek psikologis ketika mandi akan terasa segar sesudahnya dan menghilangkan kesan jorok di kamar mandi.

Ruang Tamu

Warna Primer, krem/beige, menimbulkan kesan lega, bersih, dan elegan.

Warna Sekunder, coklat tua/walnut, menimbulkan kesan elegan dan anggun sehingga ruang tamu terasa nyaman dan akrab tanpa melanggar privasi.

Ruang Tidur Utama

Warna Primer, untuk desain bangunan modern, bisa dicoba merah muda/milky pink yang menimbulkan kesan romantis dan sensual.

Warna Sekunder, maroon yang akan memberikan aksen hangat, feminine, dan penuh perlindungan sehingga privasi di ruangan tersebut akan terjaga.

Serasikankan warna cat yang dipilih dengan fungsi ruangan rumah Anda, sehingga kesan yang ingin Anda perlihatkan dapat terwujud.

Add comment