Tips Untuk Menentukan Warna Cat Pada Interior

Tips Untuk Menentukan Warna Cat Pada Interior

Untuk Anda yang berencana mendesain warna interior rumah, sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal agar hasil yang didapat sesuai dengan keinginan. Nah, berikut adalah beberapa tips untuk Anda dalam menentukan warna interior/ruangan pada rumah:

 

  • Ruangan berukuran besar, pilihlah warna-warna netral dari unsur elemen bumi seperti krem, coklat dan hitam. Aksen warna cat emas juga akan memperkuat tampilan ruangan Anda. Skema warna monokromatik selain nyaman sekaligus segar bagi interior yang berukuran luas.

  • Ruangan yang teduh, untuk membuat ruangan yang teduh Anda dapat mengatur tata letak taman di hunian Anda termasuk letak pepohonan sehingga akan efektif menyaring sinar matahari agar tidak langsung tembus ke dalam interior Anda. Pada ruangan yang teduh ini terapkanlah warna-warna yang cerah seperti hijau dan biru laut untuk mencerahkan interior tanpa menimbulkan kesan rasa panas pada ruangan. Warna hijau dan biru pada dinding yang terpantul oleh cahaya matahari, akan semakin menimbulkan kesan ringan serta segar pada seluruh ruangan.

  • Ruangan yang segar dan cerah, warna-warna kuning muda, merah muda akan menciptakan kesan rasa dingin dan terang sehingga ada kalanya diperlukan penambahan warna aksen seperti hijau tua atau merah tua untuk menambah kedalaman visual pada ruangan. Anda juga dapat berkreasi dengan menambahkan unsur warna hijau lumut pada kain serta aksesori lainnya sehingga akan semakin memperkuat kesan cerah pada seluruh ruangan.

  • Ruangan dengan panas yang lebih banyak, jika ada ruangan pada hunian Anda yang menghadap ke timur atau selatan, maka intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan akan lebih besar. Anda dapat mengatasi hal ini dengan mengecat dinding yang terkena sinar matahari menggunakan warna segar dan lembut seperti warna putih atau biru muda. Perhatikan juga warna aksesoris yang lain pada ruangan ini, pilihlah aksesoris berwarna gelap sehingga akan menarik secara visual.

 

 

 

Artikel Terkait