CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> CAT Pengetahuan Dasar Kenali Bahan Utama Cat Tembok

Kenali Bahan Utama Cat Tembok

Cat tembok yang kita kenal memiliki bahan baku utama yang terdiri dari binder, pigmen, aditif, dan extender. Ke empat komposisi bahan tersebut harus seimbang, karena jika tidak maka dapat mempengaruhi kualitas cat. 

· Binder / bahan pengikat,bahan ini terbuat dari akrilik, yang berfungsi mengikat bahan-bahan lain di dalam cat.

· Pigment / bahan atau zat pemberi warna, karena bahan inilah cat memiliki berbagai warna.

· Zat aditif, fungsi bahan ini adalah untuk mendapatkan sifat-sifat cat yang lebih menguntungkan. Misalnya agar cat lebih mudah diaplikasikan, lebih tahan sinar matahari, dan baunya tidak menyengat. 

· Extender  sebagai bahan pengisi yaitu bahan yang memberikan volume dan kekentalan pada cat, biasanya terbuat dari bahan sejenis kapur.

Bahan baku di atas merupakan bahan baku dasar yang harus ada dan harus memiliki komposisi yang pas. Hal ini bertujuan untuk memperoleh kualitas cat yang baik yang baru terlihat saat cat sudah diaplikasikan. Cat akan memiliki kualitas buruk bila komposisi misalnya extender lebih banyak, biasanya dilakukan untuk membuat cat lebih berat.  

Begitu juga jika komposisi binder yang kurang dapat membuat kualitas cat menjadi rendah dan yang pasti merugikan konsumen. Jika binder kurang dari yang seharusnya, cat tidak akan mampu melapisi dinding dengan rata dan meninggalkan pori-pori yang cukup besar. Hal tersebut akan menyebabkan lapisan cat mudah mengelupas dan  ditumbuhi  tumbuhnya lumut atau jamur.

 

Comments   

 
+1 #1 haz 2013-05-05 16:12
:-x :lol:
Quote
 
 
+1 #2 mecca 2013-10-16 20:25
bagus
Quote
 

Add comment