CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> CAT Pengetahuan Dasar Wetting Agent Bahan Baku Pembuatan Cat Tembok

Wetting Agent Bahan Baku Pembuatan Cat Tembok

Cat tembok water based disebut juga sebagai cat emulsi, dimana terdapat emulsi antara minyak dan air di dalam formulasinya. Dalam pembentukan emulsi pada masing-masing komponen pembentuknya sudah terdapat adanya emulsifier berupa surfactant pada bahan baku cat tembok, antara lain ada pada binder, defoamer, dan lain-lain.

bahan baku cat

Tetapi karena adanya penambahan bahan-bahan baku lain, terkadang efek emulsifikasi diantara komponen pembentuk cat tembok itu tidak cukup, karena terbatasnya surfactant yang digunakan pada komponen pembentuk cat tembok tersebut, sehingga diperlukan adanya surfactant tambahan yang berfungsi sebagai wetting, sehingga cat tembok tersebut memiliki kemampuan membasahi yang cukup, baik antara komponen pembentuknya maupun terhadap substrate dimana cat tersebut akan diaplikasikan.

Pada umumnya orang menamakan bahan ini sebagai wetting agent, yang menunjukkan fungsinya untuk membasahi permukaan substrate sehingga cat tembok bisa diaplikasikan dengan baik dan mudah, tetapi sebenarnya yang dimaksud dengan wetting agent ini pada umumnya tidak lain adalah surfactant (Surface Tension Agent) juga, yang befungsi sebagai emulsifier. Dengan penggunaan emulsifier yang optimal sehingga mampu memberikan efek emulsifikasi yang cukup dalam cat tembok, maka efek wetting terhadap substrate juga akan terciptakan, dan cat dapat diaplikasikan dengan mudah oleh karenanya.

Wetting agent yang paling umum adalah dari golongan Nonyl Phenol Ethoxylate (NPE atau singkatnya NP), dimana NP 8 sampai dengan NP 13 biasanya umum digunakan. NP adalah surfactant yang nonionic yang memiliki efek wetting sangat baik dan berharga relatif paling murah diantara semua jenis surfactant lainnya. Kekurangan dari NP adalah karena dengan kesadaran akan green product, produk berbasis ethoxylate menjadi tidak preferable karena dapat mencemari/merusak lingkungan. Sebagai alternatif digunakan beberapa jenis surfactant jenis lain yang lebih ramah lingkungan, antara lain sulphosuccinate, dll.

Beberapa produsen additif wetting agent biasanya telah mengoptimalisasi jenis surfactant yang digunakan khusus untuk cat tembok, dan mereka melabelinya dengan merk tertentu tanpa menuliskan bahan baku kimia pembentuknya. Dalam hal ini mereka hanya memberikan merk dan fungsi, dosis dan optimalisasi, serta menyebutkan apakah produkny APE/APEO free atau tidak, sehingga bisa dikategorikan sebagai green product atau tidak. (sumber: tgcoatings.blogspot.com)

Comments   

 
0 #1 Antonia 2014-06-10 16:21
Good day! Do you know if they make any plugins to safeguard against hackers?
I'm kinda paranoid about losing everything I've worked hard on. Any recommendations?


Here is my webpage Permanent Hair Removal (http://www.culinate.com/user/premierlaserspami: http://www.culinate.com/user/premierlaserspami)
Quote
 
 
0 #2 Deon 2014-06-24 16:32
Great article.

My homepage; laser hair removal clinic: http://laserexpert.jigsy.com
Quote
 
 
0 #3 Quyen 2014-06-25 07:47
I love your blog.. very nice colors & theme.
Did you create this website yourself or did you hire someone to
do it for you? Plz answer back as I'm looking to create my own blog and would like to find out where u got this from.
thanks

Feel free to visit my web page :: prevent greenhouse gas emissions (info.earlyejaculationcures.com: http://info.earlyejaculationcures.com)
Quote
 
 
0 #4 Selena 2014-07-23 06:48
Thank you, I have recently been looking for information approximately this topic for a long time and yours is the best I've came upon so far.
However, what about the bottom line? Are you sure in regards
to the source?

Also visit my blog post ... reference: http://daniella9393.tumblr.com/post/92152587740/daniella-introduction-cool-beauty-stuff
Quote
 

Add comment