CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> CAT Pengetahuan Dasar Waspadai Bahan Berbahaya Cat

Waspadai Bahan Berbahaya Cat

Setiap orang menginginkan rumah penuh warna dengan cara memoles menggunakan cat untuk memunculkan keindahan sebuah rumah. Namun Anda harus berhati-hati dalam memilih cat karena cat banyak mengandung bahan-bahan berbahaya.

bahaya cat

Pilihlah cat dengan benar dan tepat. Hal penting yang harus Anda perhatikan saat memilih cat adalah kandungan zat berbahaya di dalamnya. Berdasarkan bahan pengencernya, cat dibagi dalam dua jenis, yaitu solvent based untuk pengencerannya menggunakan tiner dan water based menggunakan air. Meski dianggap lebih aman dibandingkan dengan cat solvent based tetapi cat water based memiliki kandungan VOC (volatile organic compounds).

Berikut akan dibahas mengenai kandungan bahan berbahaya yang terdapat pada cat:

Solvent, solvent dalam cat digunakan sebagai pencampur cat sehingga cat lebih mudah diaduk dan cepat kering. Namun solvent tidak ramah bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Solvent yang ada dalam kandungan cat akan menguap setelah cat diaplikasikan. Uap yang dihasilkan membutuhkan waktu untuk benar-benar hilang dari udara di dalam ruang yang baru dicat.

Uap solvent yang menyebar di udara ini bisa mencemari lingkungan dan menyebabkan gangguan kesehatan bila terhirup secara berlebihan. Solvent bisa menyebabkan gangguan kesehatan ringan seperti seperti mata pedas, kulit perih, gangguan saluran pernapasan, atau alergi. Sedangkan bila dihirup dalam jangka waktu lama, bahan ini bisa menyebabkan kanker, kerusakan hati, dan gangguan sistem saraf.

Timbal, Selain VOC, bahan berbahaya lainnya yang terkandung dalam cat adalah timbal dan merkuri. timbal sering digunakan dalam campuran cat untuk menghasilkan warna-warna cerah. Timbal ini terkandung di dalam pigmen, yaitu bahan untuk memberi warna pada cat. Cat warna kuning dan oranye memiliki kandungan timbal yang lebih tinggi dibandingkan warna-warna lain. Biasanya penambahan timbal ini berlaku untuk cat minyak. Timbal bisa menyebabkan gangguan sistem saraf dan organ reproduksi. Pada tubuh anak-anak, timbal yang melebihi ambang batas akan memengaruhi tingkat kecerdasan dan perilaku.

Merkuri, seperti halnya timbal, merkuri merupakan bahan logam berat yang ada dalam kandungan cat. Di dalam cat, merkuri salah satunya digunakan dalam campuran anti jamur. Merkuri yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan pada susunan saraf, otak dan ginjal. Lebih parah lagi, baik VOC, timbal maupun merkuri selain merusak tubuh juga bisa merusak lingkungan.

Cat bisa dikatakan ramah lingkungan bila pembuatan cat produk itu sendiri sampai pengolahan limbahnya benar-benar ramah lingkungan. Isu ramah lingkungan mengacu ke proses dari ketika material tersebut dalam proses pembuatan sampai akhir.

Add comment

Security code
Refresh