CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> CAT Pengetahuan Dasar Proses Pembuatan Cat Dengan Pigment/Extender

Proses Pembuatan Cat Dengan Pigment/Extender

Proses pembuatan cat sangat dipengaruhi oleh teknologi yang digunakan, makin canggih teknologi yang dipakai maka makin cepat dan mudah proses pembuatannya. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai proses pembuatan cat dengan pigment/extender.

pembuatan cat

Proses pembuatan cat dengan pigment/extender terdiri dari tahapan disperi, tahapan penggilingan, dan tahapan akhir atau penyelesaian. Berikut bahasannya seperti yang dikutip dari oocities.org:

Proses pembuatan cat jenis ini juga dibagi berdasarkan pada seberapa halus padatan pigment/extender terdispersi di dalam campuran. Jika ingin padatan terdispersi secara kasar dengan kehalusan antara 20-50 mikron, maka proses yang dibutuhkan adalah cukup dengan proses dispersi saja, tetapi bila ingin  padatan terdispersi secara halus yaitu 5-20 micron, diperlukan proses penggilingan partikel padat dalam mesin giling. Cat yang dibuat dengan proses dispersi saja adalah dempul atau filler, cat primer, undercoat, intermediate atau cat tembok dimana kehalusan partikel bukan merupakan sifat yang harus dicapai.

Tahapan dispersi diantaranya

Proses pembasahan permukaan partikel-partikel pigment dan/atau extender oleh bahan-bahan cair (millbase). Proses pemecahan secara mekanis terhadap kelompok-kolompok partikel pigment dan/extender menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil atau partikel-partikel primernya sesuai dengan derajat kehalusan yang diinginkan.

Mempertahan agar supaya kelompok-kelompok partikel yang lebih kecil atau partikel-partikel primer ini tetap terpisah satu sama lain, tidak bersatu kembali. Proses dispersi akan mendapatkan hasil optimal bila prinsip-prinsip dispersinya terpenuhi. Prinsip-prinsip dispersi yang perlu mendapat perhatian yaitu kecepatan peripheral campuran, bentuk cakram, diameter cakram terhadap tangki, tinggi cakram dari dasar tangki, diameter tangki, tinggi tangki dan perbandingan padatan dan cairan campuran (kadar padatan=PVC) serta penambahan secara tepat additive wetting dan dispersingnya.

Jika kondisi ideal terpenuhi, maka akan terbentuk sebuah aliran yang menyerupai donat, Pada kondisi ini diperoleh proses dispersi yang optimal.

Proses Penggilingan

Dengan hanya dispersi, kita belum mendapatkan kehalusan partikel lebih rendah dari 20 mikron, yaitu ukuran rata-rata partikel primer dari pigment dan/atau extender. Untuk itu diperlukan sebuah tahap lanjutan dimana ikatan fisik partikel-partikel pigment akan dipecahkan lebih lanjut menjadi patikel-partikel yang lebih kecil lagi. Tahapan ini disebut penggilingan. Untuk memudahkan dalam pembuatan cat; biasanya pigmen, extender, sebagian resin dan additive digiling terlebih dahulu untuk dibuat pasta.

Tahap akhir

Mengukur derajat kehalusan dari partikel-partikelnya adalah tahap yang penting guna mengakhiri proses tersebut. Sedang proses lain, yang hanya melibatkan proses mixing, maka untuk melihat seberapa jauh campuran sudah tercampur sempurna dan sesuai komposisi yang ditentukan, cukup mengukur kekentalan atau viskositas campuran tersebut. Namun bila campuran tersebut mengandung beberapa jenis pasta, maka menyamakan warna (colour matching) campuran cat secara kasar perlu dilakukan, agar campuran tidak terlalu jauh berbeda dengan warna standardnya.

Tahapan ini biasanya disebut uji kualitas pendahuluan, yaitu tahapan antara sebelum cat diuji secara seksama pada tahap paling akhir dari proses pembuatan cat, yaitu tahap pengujian kualitas cat.

Proses pembuatan cat dengan pigment/extender tersebut menggunakan teknologi sedang.

Comments   

 
0 #31 Corine 2014-07-23 14:46
You should be a part of a contest for one of the best websites on the
internet. I am going to highly recommend this web site!
Quote
 
 
0 #32 Dawn 2014-07-25 03:19
There is definately a lot to find out about
this subject. I like all of the points you
made.
Quote
 

Add comment