CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> CAT Pengetahuan Dasar Percantik Tampilan Kayu dan Besi Dengan Finishing Cat

Percantik Tampilan Kayu dan Besi Dengan Finishing Cat

Jika di rumah Anda terdapat material yang terbuat dari kayu maupun besi dan Anda ingin mempercantik tampilannya, Anda dapat mengecatnya menggunakan cat kayu transaparan untuk bahan kayu dan cat besi untuk material besi.

percantik kayu dan besi

Cat Kayu Transparan

Cat kayu transparan dapat membuat kayu tampil indah dengan tetap menunjukkan permukaan aslinya karena cat ini tidak membuat permukaan kayu tertutup. Berikut beberapa jenis cat transparan yang bisa digunakan untuk mengecat kayu yaitu:

  • Politur: Cat transparan jenis politur paling banyak digunakan dan dikenal oleh masyarakat karena telah digunakan sejak dahulu. Politur mudah untuk diaplikasikan dan dapat digunakan baik untuk eksterior atau interior ruangan karena meiliki perlindungan terhadap UV.
  • Melamik: Saat ini penggunaan melamik cukup populer terutama untuk furnitur minimalis. Melamik memiliki penampilan yang lebih halus jika dibandingkan dengan politur dan lebih tahan terhadap noda karena pori-porinya lebih tertutup tapi tidak memilikiproteksi UV sehingga hanya dapat digunakan di dalam ruangan saja. Permukaannya yang rata dan mengkilap memberikan kesan mewah
  • Polyurethane: Cat ini cocok digunakan untuk gaya modern klasik karena agak mengkilap, permukaannya yang rata dan menampilkan permukaan alami kayu. Cat ini tahan terhadap benturan, tidak mudah retak dan tahan terhadap noda.
  • Nitro Cellulose: Keunggulan cat jenis ini adalah tampilannya yang tipis sehingga tampak natural, tidak mengkilap, tidak berbau pedas, cepat kering, tahan terhadap benturan dan noda.
  • Akrilik: Cat akrilik biasanya digunakan untuk menampilkan warna muda ( putih, pastel ) karena kejerniahannya, tahan benturan dan noda karena mampu menutup pori-pori kayu

Cat besi

Bahan yang terbuat dari material besi biasanya dicat dengan tujuan untuk memperindah tampilan dan melindungi besi dari karat.

Berikut beberapa jenis cat besi yang biasa digunakan untuk finishing material besi:

  • Cat epoxy: Cat ini memiliki kekuatan untuk melindungi yang baik sehingga biasa digunakan untuk peralatan rumah tangga.
  • Cat duco: Cat duco harus diaplikasikan memakai alat penyemprot bertekanan tinggi sehingga hasilnya sangat halus.
  • Cat sintetik: Cat jenis ini yang paling banyak kita jumpai dipasaran karena harganya murah, cara pengaplikasiannya dengan kuas dan memiliki variasi warna yang banyak.
  • Cat efek: Efek populer adalah besi tempa, hamertone dan antik.

Dengan cat, maka bahan kayu dan besi Anda tampil lebih menarik dan tentunya tahan lama.

Add comment