CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> CAT Peralatan Aplikasi Memilih Alat Pengecatan Yang Tepat

Memilih Alat Pengecatan Yang Tepat

Dalam proses pengecatan untuk memperoleh hasil terbaik diperlukan beberapa alat yang mendukung kegiatan tersebut. Tentunya pemilihan peralatan pengecatan yang tepat akan membantu menghemat pemakaian cat, waktu dan yang pasti akan menghasilkan pengecatan yang maksimal.

cat

Ketika akan mengecat sebaiknya pilih peralatan yang tepat dan sesuaikan dengan kebutuhan. Apabila Anda salah memilih alat-alat yang digunakan untuk pengecatan maka pemakaian cat bisa berlebihan dan tidak merata atau bahkan Anda harus mengaplikasikan cat pada dinding berulang kali. Berikut adalah beberapa peralatan yang umumnya dipakai dalam proses pengecatan yaitu:

  • Spatula (Kape), alat ini digunakan untuk mengangkat permukaan cat lama pada dinding dan untuk mengaplikasikan plamur pada celah atau retakan dinding.
  • Meteran, untuk mengukur luas area ruangan yang akan dicat sehingga kita dapat mengetahui berapa banyak cat yang dibutuhkan.
  • Amplas, digunakan untuk membersihkan permukaan dinding.
  • Dinding lama, amplas dipakai untuk menghilangkan kotoran pada dinding yang pernah dicat.
  • Dinding baru, amplas dipakai untuk menghilangkan dan meratakan acian, debu, kotoran, minyak dan lain-lain sebelum di cat.
  • Bak Cat, untuk menampung cat dan mengurangi jumlah cairan cat yang berlebihan pada roller sebelum diaplikasikan pada dinding.
  • Ember dan Alat Pengaduk, ember digunakan sebagai tempat untuk mengaduk atau mencampur cat yang masih kental dengan air (sesuai petunjuk pemakaian). Sedangkan alat pengaduk dipakai untuk mengaduk cat yang masih kental dengan air agar pengencerannya merata.
  • Obeng, alat ini dapat dipakai untuk membuka kaleng cat
  • Kuas Dan Roller, kuas lebih banyak dipakai untuk pengaplikasian cat kayu dan besi. Untuk cat tembok, kuas hanya dipakai pada bagian tertentu saja seperti untuk mengecat pada bagian pinggir dinding yang berbatasan dengan kusen jendela atau pintu. Sedangkan roller dipakai untuk mengaplikasikan cat pada dinding yang permukaannya luas, biasanya dipakai untuk cat tembok emulsion.
  • Masker, alat ini digunakan pada saat mengerok lapisan cat lama pada dinding sebelum pengecatan baru agar debu-debunya tidak masuk dalam hidung. Selain itu masker dapat menjaga agar bau cat yang menyengat tidak mengganggu pernafasan. Pilihlan cat yang tidak berbau tajam dan aman bagi Anda dan keluarga.
  • Spectacles, alat ini dipakai untuk melindungi mata dari percikan cat saat mengaplikasikan cat pada dinding.

Memilih alat untuk mengecat yang tepat adalah salah satu cara untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna dari sebuah proses pengecatan.

Comments   

 
0 #1 adde 2013-10-02 18:04
makasih :-)
Quote
 

Add comment

Security code
Refresh