CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> CAT Teknik Aplikasi Pagar Kayu Tampil Alami Dengan Cat Transparan

Pagar Kayu Tampil Alami Dengan Cat Transparan

Salah satu material alami dan unik yaitu kayu. Itulah mengapa banyak orang menggunakan kayu sebagai ornamen rumah. Salah satunya adalah untuk bahan membuat pagar yang kehadirannya mampu menunjang keindahan rumah.

cat kayu

Pagar adalah elemen rumah yang letaknya diluar dan banyak menerima cahaya matahari sehingga harus mendapat perlindungan dengan menggunakan cat yang tepat. Untuk pagar dari bahan kayu, cat yang dipilih tidak jauh berbeda dengan cat yang digunakan untuk finishing kayu. Namun, cat untuk pagar haruslah cat yang tahan terhadap cuaca. Jadi, pilihlah jenis cat yang memiliki perlindungan terhadap sinar matahari.

Untuk mendapatkan tampilan pagar kayu yang indah dan tetap tampak alami sebaiknya pilih cat kayu transparan karena cat jenis ini tidak dapat menutupi permukaan kayu sehingga serat dan warna kayu masih bisa terlihat. Warna cat transparan tidak seperti warna pada cat solid. Dengan cat ini, warna kayu akan menjadi lebih terang atau gelap tetapi serat kayu tidak tertutupi.

Selain itu, cat transparan yang dilapisi pada pagar kayu juga memiliki fungsi untuk melindungi pagar dari sinar ultra violet (UV) sehingga kayu tidak mudah berubah warna dan tidak cepat lapuk. Lalu bagaimana teknik aplikasi cat transparan pada pagar kayu? Berikut tipsnya:

  • Setelah permukaaan kayu diserut, amplaslah permukaanya searah dengan serat menggunakan amplas.
  • Kemudian lapisi cat pada permukaan kayu menggunakan kuas. Selanjutnya beri waktu untuk pengeringan.
  • Selanjutnya amplas ambang dengan amplas no. 400.
  • Lapisi kembali cat ke permukaannya dengan kuas.
  • Tunggu sampai permukaan yang dilapisi cat kering.
  • Selanjutnya amplas kembali ambang dan lapisi cat ke permukaanya.

Agar pagar kayu tetap terlihat bagus, sebaiknya permukaan kayu dicat ulang setelah 1 tahun.

Add comment