CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> CAT Teknik Aplikasi Cara Sederhana Mengecat Bahan Kayu

Cara Sederhana Mengecat Bahan Kayu

Jika Anda memiliki ornamen yang berbahan kayu, ada baiknya Anda merawatnya agar tidak cepat rusak. Cara yang paling mudah untuk merawat bahan kayu yaitu melalui pengecatan. Bahan cat adalah bahan pelapis terakhir yang dioleskan pada kayu. sebelum diaplikasikan dengan cat, kayu perlu diperlakukan sedemikian rupa melalui serangkaian proses persiapan sampai mencapai kondisi siap untuk dicat.

cat kayu

Biasanya dalam pengecatan kayu setelah permukaan diamplas, Anda perlu menggunakan meni kayu sebagai cat dasar.  Jika kondisi permukaan kayu yang sudah di-plamir meni kayu tersebut mengering,  permukaan di-amplas ambang lagi sampai halus. Selanjutnya kayu siap untuk dicat sebanyak 2 lapis untuk menghasilkan tampilan kilap pada kayu.

Selain itu, untuk mendapatkan hasil pengecatan kayu yang sempurna, sebaiknya permukaan yang akan dicat harus rata dan licin. Ada tips sederhana, untuk memperoleh kehalusan permukaan kayu, cobalah mengaplikasikan produk zincromate sebanyak satu lapis. Zincromate sendiri merupakan cat dasar anti karat buat permukaan logam, namun memiliki manfaat lain untuk menambah kehalusan permukaan kayu.

Berikut teknik mengecat kayu yang tepat:

  • Permukaan kayu diamplas terlebih dahulu sampai rata dan licin.
  • Aduk cat dasar hingga merata.
  • Kuaskan cat dasar ke permukaan kayu sebanyak 2 lapis.
  • Setelah permukaan kayu kering, amplas kembali permukaan tersebut agar rata dan halus.
  • Setelah itu Anda dapat menyapukan cat kayu sebanyak 2 lapislagi.

Anda dapat memilih jenis cat kayu sesuai dengan keinginan Anda, misalnya menggunakan cat kayu transparan yang menonjolkan guratan permukaan kayu.

Comments   

 
0 #1 Adi 2012-07-14 14:20
Thanks.
Quote
 

Add comment