CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> EKSTERIOR Atap Agar Atap Tak Bocor, Kenali Penyebabnya

Agar Atap Tak Bocor, Kenali Penyebabnya

Atap yang mengalami kebocoran tentu membuat kesal karena umumnya akan menimbulkan berbagai masalah seperti muncul flek-flek baik pada plafond maupun tembok. Oleh karena itu harus segera diatasi agar penghuni rumah tak terganggu kenyamanannya. 

Bocornya atap sebuah hunian tentu ada penyebabnya sehingga sebelum Anda berniat untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus tahu terlebih dahulu apa sih yang membuat atap rumah Anda bocor. Nah, berikut adalah beberapa sebab-sebab terjadinya kebocoran pada atap. Kita lihat sama-sama yuk!!!

Pemasangan atap yang salah, karena kurang cermat saat mengejakan lokasi-lokasi atap yang rawan terserang air hujan. Misalnya pada lokasi bubungan/nok, sambungan tepi/gewel, lisplank dan talang. Contohnya pada bagian bubungan/nok, yang jika dibuat terlalu tinggi maka akan rawan retak sehingga berakibat bocor saat terkena air hujan. Agar tak terjadi kebocoran sebaiknya beri pelapis anti bocor misalnya Sanproof.

Penggunaan material atap yang tidak sesuai, yang harus diingat adalah setiap material penutup atap memiliki sifat yang berbeda-beda. Misalnya genteng, antara genteng tanah liat dengan genteng keramik jelas lebih baik genteng keramik untuk menahan air hujan lantaran sifat kedap air dan desain interlocking yang dimilikinya. Begitu pula dengan material yang lain semisal lembaran galvanis dan asbes. Asbes mungkin jauh lebih murah namun daya tahan terhadap cuaca jelas lebih kuat lembaran galvanis. Oleh karena itu pilihlah material yang memiliki kualitas baik agar lebih tahan terhadap cuaca seperti hujau.

Konstruksi kemiringan atap yang kurang tepat, pada jenis penutup atap genteng yang umum digunakan masyarakat, seharusnya memiliki kemiringan antara 30-40 derajat. Kurang dari itu maka atap akan rawan bocor akibat pias dari curah air hujan dan lebih dari itu posisi genteng rawan melorot yang juga berakibat atap menjadi bocor. Cara mengatasinya adalah dengan menata ulang kemiringan atap atau memberi pelapis anti bocor Sanproof pada bagian bawah genteng. Jadi sekalipun air masuk lewat celah antar genteng masih akan bisa ditahan oleh lapisan tersebut dan kemudian dialirkan ke bawah hingga menuju lisplank/talang.

Kerusakan yang disebabkan oleh cuaca, Atap merupakan bagian yang terletak di bagian luar rumah sehingga sering terterpa cuaca. Akibat yang timbul pada kerusakan ini biasanya berupa retak pada sambungan tepi / gewel, retak rambut pada genteng tanah liat, seng yang keropos/berkarat atau pudarnya warna pada atap genteng. Anda dapat melakukan pencegahan kerusakan tersebut dengan cara mengecat genteng dengan cat genteng Sanlex dan menambahkan pelapis anti bocor / waterproofing pada dak beton dengan menggunakan produk Sanproof.

Dengan demikian, kebocoran atap rumah bisa Anda hindari.

Comments   

 
0 #1 Arnette 2014-06-28 04:04
Allicin, which is one of the compounds inn garlic, has been linked to fending off cancer, heart disease, and even the
common cold. Over the years, I've done many,
many rewards programs, with a few of them turning out to be scams.
In relation to gambling games, these include ttypes og
games which causes imaginary things from imaginary casinos where you
possibly can fun ply gambling as well as imaginary sum of money to
be utilized hanging around.

My blog post farmville 2 hack: http://getfarmville2cheats.com/
Quote
 
 
0 #2 Major 2014-07-05 21:33
We are a grоup of volսntyeers and staгting a new sсheme in our communitу.
Your wweb sitе provided uus with valable info to աork on. Youu have ԁone an impressive jobb and օur աhole
commkunitʏ will bbe grateful to you.

Alsο visit my web blog :: best pc gamе - Major: http://www.massivewallpapers.com/profile/irsouthee -
Quote
 

Add comment