CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> EKSTERIOR Atap Jenis Genteng Untuk Atap Rumah

Jenis Genteng Untuk Atap Rumah

Atap merupakan bagian rumah yang berperan penting. Atap berfungsi untuk melindungi bangunan rumah dari terpaan cuaca baik panas maupun hujan. Tak hanya itu, kini keberadaan atap juga turut menunjang keindahan rumah.

Salah satu jenis atap yang banyak dipilih adalah atap genteng. Yaitu jenis atap rumah yang dapat dibedakan berdasarkan bahan baku untuk membuat genteng yaitu tanah liat, beton, metal atau seng, serat fiber semen atau asbes, kaca. Bentuk genteng mempunyai berbagai macam variasi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan selera pemilik rumah. Di bawah ini beberapa jenis genteng yang umum digunakan sebagai atap rumah:

alt

  • Genteng tanah liat, genteng jenis ini banyak dipilih atau dijadikan atap rumah. Genteng ini terbuatdari tanah liat yang dipress dan dibakar. Dalam pemasangannya membutuhkan rangka dan dipasang pada atap yang miring. Sistem pemasangannya saling mengunci dan mengikat (inter-locking system).
  • Genteng metal, genteng ini terbuat dari lembaran mirip seng. Pemasangannya tidak jauh beda dengan genteng tanah liat. Bisa juga ditanam pada gording rangka atap dengan menggunakan skrup. Tersedia ukuran yang bervariasi dengan lebar 600 mm-1200 mm, dengan ketebalan 0,3 mm dan panjang 1,20 m-12 m.
  • Genteng kaca, pada umumnya genteng kaca dipasang hanya pada bagian tertentu dari atap karena fungsinya sebagai penerangan alami. Seiring dengan berkembangnya dunia desain saat ini genteng kaca banyak diaplikasikan menggunakan kaca datar dengan rangka untuk memberi kesan modern dan minimalis.
  • Genteng keramik, bahan dasar genteng ini adalah keramik tetapi telah mengalami proses finishing glazur. Jenis genteng ini menampilkan kesan modern. Tersedia dalam beragam warna dan ukuran. Genteng ini bertumpu pada rangka kayu dan beton.
  • Genteng aspal, bahan material terbuat dari campuran aspal dan bahan kimia lain. Ada yang model datar bertumpu pada multipleks yang menempel pada rangka. Sedangkan Multipleks dan rangka dikaitkan dengan skrup dan genteng aspal dilem ke papan. Sedangkan model yang bergelombang cukup diskrup pada gording.

Anda bisa pilih jenis genteng yang akan Anda gunakan sesuai keinginan.

alt

alt

alt

Add comment