CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> EKSTERIOR Atap Memperbaiki Kebocoran Atap Genteng

Memperbaiki Kebocoran Atap Genteng

Saat musim hujan, biasanya akan muncul masalah pada genteng seperti terjadinya kebocoran. Hal tersebut tentunya harus segera diatasi agar tidak terjadi kerusakan yang semakin parah. Karena, akibatnya bisa merusak plafond bahkan benda-benda di dalam rumah.

alt

Untuk mengatasi kebocoran genteng, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

Agar air bisa mengalir dengan lancar, rumah sebaiknya mempunyai sudut kemiringan atap sebesar 30°. Batas toleransi yang biasanya disarankan adalah antara 30° hingga 40°. Bila lebih dari itu, maka akan membuat genteng mudah melorot. Karena, adanya jarak kerenggangan yang menyebabkan genteng melorot akan memungkinkan air hujan masuk ke sela-selanya sehingga mengakibatkan kebocoran atap. Genteng yang melorot juga akan membahayakan penghuni rumah. Khusus untuk genteng asbes, toleransi kemiringan dapat dibuat sampai sedikit kurang dari 30° karena rongga antarbidang yang terbentuk tidak sebesar material genteng tanah liat.

Jika genteng mengalami retak, sebaiknya segera diganti dengan genteng yang baru. Bila tidak berhasil menemukan genteng yang sejenis di toko material, keretakan pada genteng dapat diakali dengan menggunakan material waterproofing dengan serat kassa. Caranya yaitu dengan memotong serat kassa pada bidang genteng sesuai ukuran, kemudian olesi dengan waterproofing.

Sementara untuk permasalahan genteng yang renggang karena bergeser, cukup diperbaiki dengan menyusunnya kembali sehingga berada pada posisi semula. Susunlah genteng dengan rapi agar tidak terdapat celah untuk air hujan masuk.

Add comment