CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> EKSTERIOR Garasi Jenis Pintu Untuk Garasi Yang Indah

Jenis Pintu Untuk Garasi Yang Indah

Garasi tidak sekedar menjadi tempat memarkir mobil agar terlindung dari cuaca. Tapi, kini juga berfungsi sebagai bagian dari fasade yang membuat tampilan rumah semakin menarik. Desain garasi harus dibuat sesuai dengan gaya rumah sehingga tampak selaras.

pintu garasi

Selain lantai, dinding, dan atap, bagian garasi yang sangat penting untuk diperhatikan adalah pintu. Pintu garasi adalah media penghubung aktivitas keluar masuk dari halaman depan ke dalam atau keluar menuju garasi. Jenis dan bentuk pintu garasi yang banyak digunakan antara lain:

  • Pintu Lipat (Folding Door)

Pintu garasi jenis ini memiliki kelebihan yaitu  tidak mudah rusak; mudah dirawat; serta desain, warna, dan bahan materialnya lebih bervariasi. Sementara kelemahannya adalah relatif lebih mahal dan lebih menghabiskan banyak tempat.

  • Pintu Putar (Rolling Door)

Sedangkan untuk jenis pintu yang satu ini kelebihannya antara lain tidak menghabiskan banyak tempat dan pembuatannya relatif lebih mudah dibandingkan folding door. Tetapi kelemahannya adalah mudah berkarat dan macet jika tidak rajin dirawat.

Sedangkan bahan material yang digunakan yaitu:

  1. Material besi: untuk pintu garasi baik folding ataupun rolling, lebih kokoh dan aman tetapi penampilannya terlihat kaku.
  2. Material kayu: untuk jenis pintu garasi lipat (folding door), terlihat lebih luwes dan desainnya dapat disesuaikan dengan nuansa rumah tinggal. Sementara kelemahannya lebih rapuh daripada pintu garasi berbahan besi.

Agar pintu garasi memiliki tampilan yang menarik, ada baiknya Anda memberi lapisan cat yang tahan terhadap karat, jamur, dan perubahan cuaca, pilih warna yang sesuai dengan keinginan Anda. Untuk pintu garasi folding door atau rolling door yang terbuat dari material besi gunakan jenis cat duco polos. Sedangkan untuk pintu garasi yang terbuat dari material kayu aplikasikan cat khusus untuk melapisi kayu.

Add comment