CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> EKSTERIOR Pagar Rawat Material Batu Alam Pada Pagar Dengan Lapisan Cat

Rawat Material Batu Alam Pada Pagar Dengan Lapisan Cat

Selain menggunakan besi, kayu, atau beton, pagar juga bisa dibuat dari material batu alam. Tampilan pagar batu alam akan terlihat lebih natural dan tentu saja bisa menjadi pilihan tepat untuk menciptakan keindahan sebuah hunian. 

 

Yang perlu Anda ingat saat memutuskan memilih material batu alam untuk mendesain pagar adalah elemen ini mudah ditumbuhi lumut. Terlebih lagi batu alam yang memiliki permukaan yang porous sangat rentan akan lumut. Namun, Anda tak usah khawatir karena hal tersebut bisa dihindari dengan memberi lapisan cat khusus untuk batu alam.

Umumnya ada dua jenis cat batu alam yang banyak digunakan yaitu:

  • Cat yang sifatnya bening (clear coating), Cat ini mirip dengan vernis tetapi diformulasikan khusus untuk batu alam. Bila cat ini diaplikasikan akan membentuk lapisan film di atas permukaan batu, yang akan membuat batu terlihat seolah-olah basah.
  • Cat yang tidak membentuk lapisan film di atas permukaan batu atau disebut dengan cat penetrating finish. Batu yang diberi pelapis ini akan tetap tampak alami dan tidak terlihat kalau sudah diberi lapisan. Cat ini berfungsi juga sebagai water repellent sehingga air dengan mudah tergelincir di atas permukaan lapisan cat.

Anda bebas memilih cat batu alam yang akan Anda gunakan sesuai selera karena semua jenis batu alam bisa dilapisi dengan kedua jenis cat batu alam di atas. Tetapi, sebelum Anda memberi lapisan cat, sebaiknya permukaan batu alam dibersihkan terlebih dahulu dengan cara menyikatnya agar tak ada lagi kotoran yang menempel.  

Tunggu beberapa saat, kemudian permukaan siap untuk dilapisi cat. Minimal, beri cat sebanyak dua lapis untuk jenis clear coating. Sedangkan untuk jenis penetrating finish sangat tergantung dari porousitas batu alam tersebut. Biasanya cat pelapis batu alam sudah dilengkapi dengan anti jamur dan lumut sehingga Anda tak perlu lagi memberi cairan pembunuh jamur atau lumut (fungicidal wash) pada permukaan batu sebelum dicat. 

Contoh produk cat batu alam yang bisa Anda pilih adalah cat Arca Stone Care. Sebaiknya permukaan batu alam dicat ulang setelah 1 tahun. Kecuali untuk jenis cat penetrating finish yang perlu sering dilapis setiap 3-6 bulan sekali.

Add comment