CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> EKSTERIOR Pagar Material Kayu Untuk Keindahan Pagar

Material Kayu Untuk Keindahan Pagar

Kayu adalah salah satu material yang bisa Anda gunakan sebagai pagar rumah. Kayu memiliki tampilan  yang unik karena mudah dimodifikasi sesuai dengan bentuk atau desain yang Anda inginkan. Pagar jenis ini juga dapat diberi ornamen penghias sehingga terlihat lebih menarik.

Hal tersebutlah yang menyebabkan orang banyak memilih material kayu untuk pagar rumah. Selain itu juga karena tampak lebih natural. Untuk perawatannya pun tak terlalu sulit, jika Anda ingin pagar kayu tetap awet dan tahan lama, ada cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk merawat pagar kayu yaitu dengan memberi lapisan cat khusus untuk kayu.

Karena pagar terletak di luar rumah, maka pastikan Anda menggunakan jenis cat kayu yang tepat. Pilihlah cat yang memiliki proteksi terhadap sinal UV (ultra violet), hal ini karena intensitas matahari yang diterima lebih tinggi dan pastikan  cat yang Anda gunakan tersebut tahan cuaca serta fleksibel terhadap perubahan cuaca. Agar pagar kayu tampak natural, sebaiknya aplikasikan cat kayu transparan. Cat ini tidak menutup permukaan kayu dengan rapat sehingga warna dan serat kayu masih terlihat.

Aplikasi cat transparan pada pagar bertujuan untuk melindungi kayu dari sinar UV yang mengenai permukaannya. Bila terlindung, kayu tidak akan cepat lapuk dan berubah warna. Kayu yang warnanya coklat bila lama kelamaan terkena sinar bisa berubah menjadi keabu-abuan. Meskipun disebut transparan namun jenis cat ini juga dapat memberikan warna pada kayu.

Tetapi warnanya tidak seperti cat solid dan sifat pewarnaannya hanya sedikit mengubah warna asli kayu menjadi lebih terang atau gelap serta tidak menutup serat kayu. Untuk membuat pagar kayu tetap tampil menarik sebaiknya pengecatan dilakukan setiap 1 tahun sekali.

Ingat, sebelum dicat ulang, ada baiknya amplas terlebih dahulu permukaan kayu kemudian sapukan cat dasar (meni kayu), biarkan mengering sempurna setelah itu baru Anda oleskan cat kayu.

Selamat memperindah rumah dengan pagar kayu.

Comments   

 
0 #1 idil adha 2013-03-22 09:45
oke, apa boleh saya pakai sebagai pagar rumah saya gan ?
Quote
 

Add comment