CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> EKSTERIOR Taman Yuk…Mengecat Kolam Agar Tampak Menarik dan Tahan Lama

Yuk…Mengecat Kolam Agar Tampak Menarik dan Tahan Lama

Sebuah hunian akan tampak indah dan terkesan natural dengan hadirnya kolam yang menghiasi halaman. Tentu saja agar kolam terlihat kian menarik dan tahan lama, Anda harus melakukan perawatan misalnya dengan memberi lapisan cat khusus kolam.

Untuk mengecat kolam hias yang juga digunakan sebagai kolam ikan koi, Anda bisa menggunakan cat khusus untuk melapisi kolam ikan koi namun bisa juga digunakan untuk mengecat kolam ikan jenis lain misalnya kolam ikan mas. Pada umunya cat kolam yang banyak digunakan terdiri dari warna yang beragam. Anda bebas memilih warna apa yang akan Anda aplikasikan menurut selera. Sebaiknya pilih cat kolam yang berbahan dasar air sehingga lebih aman jika dibandingkan dengan yang berbahan tiner. 

Pastikan Anda menggunakan produk cat kolam yang berkualitas seperti Water Ponding Flexy Coat , yang merupakan pelapis anti bocor dan anti rembes yang berbahan dasar cement-based, untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal pada kolam Anda.

Jika Anda telah memilih cat kolam yang tepat, selanjutnya Anda harus mengetahui bagaimana cara mengecat kolam yang benar. Simak tips di bawah ini:

  • Jangan mengecat kolam dalam keadaan basah, pastikan kolam sudah kering ketika Anda akan mengecatnya.
  • Kolam yang akan dicat harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran dan debu.
  • Lakukan pengecatan dengan memberikan lapisan pertama secara merata dan tipis saja. Kemudian setelah kering beri lapisan cat kedua hingga tiga lapis.
  • Bila sudah kering selanjutnya kembali beri lapisan cat.
  • Jika proses mengecat telah selesai, biarkan cat pada kolam mengering kira-kira 5-7 hari.
  • Jika sudah kering, sebelum kolam diisi air sebaiknya Anda siram terlebih dahulu dengan air dan dilap untuk menghilangkan sisa pelapis kolam dan buang seluruh air bekas siraman tersebut.
  • Isi air kolam sampai penuh. Jangan mengisi media filter. Jalankan pompa agar rotasi air berjalan termasuk melalui bak filter, selama sehari semalam. Setelah itu buang semua airnya, dan media filter bisa dipasang.
  • Kemudian kembali isi air penuh, dan jalankan seluruh proses filtrasi kolam.

Selamat mengecat kolam dan menikmati keindahan warna-warni ikan kesayangan Anda !!!

 

Comments   

 
+1 #1 simonardy 2013-04-30 10:48
bang kalo pake cat avian bisa apa ng;gak
Quote
 
 
0 #2 destro.com 2013-05-01 15:41
:-? kalo pakek cat minyak bisa pa ng;gak
Quote
 
 
0 #3 admin 2013-05-02 09:00
Flexycoat waterponding diformulasikan dengan menggunakan polimer khusus, dan bahan tambahan lainnya. Hasilnya, aplikasi yang tahan bocor, elastis dan tidak mudah retak serta memiliki daya lekat tinggi pada berbagai permukaan substrat. sedangkan cat biasa memakai formulasi yang tidak diformulasikan khusus untuk menahan air, sehingga bisa terjadi bocor atau rembes. Flexycoat jg aman untuk ikan, untuk informasi selengkapnya dapat mengunjungi fan page flexycoat.
Semoga membantu.. :D
Quote
 
 
0 #4 mulya 2014-01-28 14:04
Saya akan melakukan pengecatan ulang dg flexy coat. Karena prosesnya tidak mengikuti cara2 diatas saat ini sudah mengelupas terutama dibagian dasar. Untuk memulainya lg apakah dapat langsung diaplikasikan di permukaan lama atau harus dibersihkan dulu? Kalau harus dibersihkan bahan apa yg digunakan dan cara membersihkannya .
Quote
 

Add comment

Security code
Refresh