CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> EKSTERIOR Taman Jenis-Jenis Taman Untuk Percantik Hunian Minimalis

Jenis-Jenis Taman Untuk Percantik Hunian Minimalis

Agar eksterior rumah minimalis tidak tampil kaku, Anda bisa mensiasati dengan menghadirkan taman. Selain memberi kesan indah, keberadaan taman juga mampu memberikan nuansa kesegaran yang alami sehingga hunian tampak semakin asri.

taman rumah

Ada beberapa jenis gaya taman yang bisa Anda coba pilih untuk melengkapi eksterior rumah minimalis diantaranya yaitu taman mediteran, taman tropis, taman jepang, dan taman inggris. Berikut kita bahas satu per satu:

Taman Mediteran, taman jenis ini sangat cocok dipadukan dengan hunian bergaya minimalis. Tanaman yang bisa digunakan pada taman ini misalnya Agave (Agave attenuata), Yucca (Yucca sp), Nolina (Nolina longifolia) dan Sikas (Cycas rumpii). Untuk melengkapi jenis taman medeteran, Anda bisa hadirkan elemen air misalnya melalui kolam ikan berbentuk segi empat dan  pancuran. Atau tambahkan elemen keras seperti lampu taman, patung hewan, pot dengan stan berwarna terang dapat dikombinasikan dengan batu koral serak berwarna putih. Pilih pasu atau pot yang berbentuk simpel dengan ornamen geometris.

Taman Tropis, untuk tampilan hunian yang lebih lembut, jenis taman ini dapat menjadi pilihan. Garis-garis organik yang ditimbulkan dari taman tropis dapat menetralkan garis tegas arsitektur minimalis.

Taman Jepang, taman jenis ini juga bisa menjadi pilihan untuk mempercantik tampilan hunian minimalis. Warna yang monokrom seperti halnya taman mediteran memperkuat gaya minimalis. Penggunaan elemen keras seperti batu, pasir sisir, lonceng angin dan pancuran bamboo, sangat serasi dengan garis minimalis. Dalam adaptasi desain taman Jepang disarankan tidak terlalu kental. Penggunaan lentera batu misalnya akan bertabrakan dengan arsitektur rumah. Bonsai juga tidak disarankan karena bentuknya yang kaku akan berkompetisi dengan arsitektur rumah.

Taman Inggris, biasanya digunakan pada bangunan yang ingin berkesan megah. Identik dengan penggunaan cemara lilin (Cupressus sempervirens), rumput manila yang terpelihara rapi serta semak bunga disusun dengan pola yang simetris dan kaku, seperti pola kotak-kotak atau lingkaran. Dalam menyusun pola simetris harus memperhatikan letak kolom rumah, pagar dan bentuk drive way. Elemen keras yang dapat digunakan seperti pancuran ataupun tempat mandi burung, lampu taman yang tinggi dan kursi taman berbahan besi.

Dengan demikian rumah minimalis tidak akan tampil monoton bukan?

Comments   

 
0 #1 dzaky taman 2013-05-04 13:30
ijin copas gan... :-)
Quote
 
 
0 #2 admin 2013-05-08 08:54
oh iya silahkan, jangan lupa jika dipasang di web lain sertakan link ke situs kami ya.. :D
Quote
 

Add comment