Warna cat yang sesuai untuk konsep rumah Anda

Warna cat yang sesuai untuk konsep rumah Anda

Warna yang dapat diperoleh dari aplikasi cat memiliki peran untuk memberi sentuhan keindahan pada sebuah hunian. Tak hanya itu, lewat paduan warna cat, rumah juga akan tampil berkarakter, memiliki kesan tertentu, dan mempengaruhi mood baik yang melihat ataupun penghuninya.

Tetapi yang harus Anda ingat, tak semua warna cat cocok untuk diterapkan pada berbagai konsep dan tema rumah. Dibutuhkan pemahaman mengenai karakter warna sehingga warna cat yang Anda pilih sesuai dengan konsep, kesan dan tema rumah yang ingin Anda munculkan.

Untuk itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memadukan warna untuk rumah. Apa saja? kita lihat sama-sama:

•    Kombinasikan beberapa warna dengan melihat lingkaran warna (color wheel). Ada beberapa kombinasi warna yang bisa Anda pilih yaitu monokromatik, komplementer, analog, atau kompleks.

•    Untuk eksterior, pilihlah warna cat yang tidak terlalu kuat dan disesuaikan dengan tema serta konsep rumah Anda.

•    Untuk rumah dengan konsep tradisional pilih warna-warna netral. Pada rumah berkonsep tradisional hindarkan pemakaian warna terang seperti oranye dan kuning.

•    Untuk rumah bergaya mediterania sebaiknya aplikasikan warna-warna cat yang berasal dari gradasi warna coklat , sedangkan rumah dengan gaya minimalis gunakan warna cat abu-abu dan putih dengan sedikit warna aksen.

•    Untuk ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan bisa Anda aplikasikan warna-warna cat cerah seperti oranye, atau warna-warna pastel.

•    Gradasi warna biru dan hijau yang berkesan dingin atau warna bumi seperti coklat tanah, merah bata maupun abu-abu yang termasuk kategori warna menenangkan cocok diterapkan pada ruang yang membutuhkan banyak konsentrasi.

•    Sedangkan untuk ruang kerja, ruang baca dan kamar tidur, sebaiknya Anda pilih warna-warna cat seperti warna biru, hijau, merah bata, coklat, atau abu-abu.

Selamat memilih warna cat rumah!