CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> JELAJAH Manca Negara Gereja-Gereja Tua Dengan Desain Unik

Gereja-Gereja Tua Dengan Desain Unik

Terdapat banyak gereja tua yang menjadi peninggalan bersejarah di dunia yang memiliki desain arsitektur menarik. Nah pada artikel kali ini kita akan melihat beberapa gereja yang merupakan gereja tua dengan desain yang unik dan menarik.

alt

Dura-Europos church, Gereja Dura-Europos merupakan Gereja Kristen yang paling awal diindentifikasi. Gereja ini terletak di Dura-Europos di Suriah dan sudah ada sejak tahun 235. Pada tahun 1921, sebuah tim akeologi yang bekerja di tepi Sungai Efrat menemukan sisa-sisa gereja Kristen yang ada pertama kali. Gedung gereja itu terletak di suatu tempat yang oleh pasukan Romawi Kuno disebut Dura-Europos. Reruntuhan gereja itu ditinggalkan oleh Romawi pada tahun 257.

alt

Megiddo church, Megido gereja yang terletak di kota Tel Megido, Israel, dan merupakan salah satu gereja kuno adalah yang tertua yang pernah ditemukan oleh arkeolog. Diketahui, sampai tahun 2005, arkeolog nama Israel Yotam Tepper dari Tel-Aviv University telah menemukan reruntuhan gereja ini, dan mereka juga memiliki bukti bahwa gereja ini dibangun abad ke-3, periode orang Kristen yang setia masih dianiaya oleh Kekaisaran Romawi.

Sisa reruntuhan ditemukan juga di penjara Magiddo yang terletak beberapa ratus meter di selatan Tel. Diantara temuan tersebut terdapat mosaik bertulisan bahwa “Gereja dipersembahkan kepada TUHAN YESUS” dalam tulisan Yunani. Mosaik tersebut juga dilengkapi dengan gambar ikan yang merupakan simbol awal dari Kekristenan.

alt

Hagia Sophia, Hagia Sophia pada dasarnya merupakan Gereja Ortodoks. Kemudian menjadi masjid, dan sekarang menjadi museum di Istanbul, Turki. Dari berdirinya gereja ini sampai 1453, Gereja ini digunakan sebagai katedral Konstantinopel, kecuali diantara antara 1204 samapi 1261, ketika diubah menjadi katedral Katolik Roma. Bangunan itu mennjadi masjid pada tanggal 29 Mei 1453 sampai tahun 1934. Saat ini Hagia Sophia dibuka sebagai museum muali tanggal 1 Februari 1935.

alt

Church of Saint Simeon Stylites, Church of Saint Simeon Stylites adalah gereja yang telah ada sejak abad ke-5. Terletak sekitar 30 km barat laut dari Aleppo, Suriah, Gereja ini dibangun di lokasi pilar St Simeon Stylites , seorang biarawan terkenal. Gereja ini dikenal juga sebagai “Qalat Seman Benteng Simeon’.

alt

Monastery of Saint Anthony, Monastery of Saint Anthony terletak di oasis dibagian timur gurun di Mesir. Biara ini merupakan salah satu yang tertua yang didirikan oleh para pengikut Santo Anthony yang dianggap sebagai seorang pertapa biarawan pertama. Biara ini juga merupakan biara yang terkemuka di Mesir dan pengaruhnya sangat luas bagi beberapa organisasi Koptik.

Add comment