CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> JELAJAH Manca Negara Angkor Wat Arsitektur Peninggalan Bersejarah Di Kamboja

Angkor Wat Arsitektur Peninggalan Bersejarah Di Kamboja

AngkorĀ  Wat di Kamboja adalah kompleks candi tua terkenal karena keanggunan dan keeksotikannya.Angkor Wat adalah salah satu dari banyak candi yang ada di kawasan Yasodharapura sebuah kawasan peninggalan sejarah di wilayah Siem Reap.

alt

Menurut catatan sejarah, kompleks candi-candi tersebut dibangun antara abad ke-6 sampai ke-13. Pembangunan kuil Angkor Wat memakan waktu selama 30 tahun. Angkor Wat terletak di dataran Angkor yang juga dipenuhi bangunan kuil yang indah, tetapi Angkor Wat merupakan kuil yang paling terkenal di dataran Angkor. Raja Suryavarman II memerintahkan pembangunan Angkor Wat menurut kepercayaan Hindu yang meletakkan gunung Meru sebagai pusat dunia dan merupakan tempat tinggal dewa-dewi Hindu.

Angkor Wat berada dalam keadaan yang baik dibandingkan dengan kuil lain di dataran Angkor disebabkan Angkor Wat telah dialihfungsikan menjadi kuil Buddha dan dipelihara serta digunakan secara terus menerus ketika agama Buddha menggantikan agama Hindu di Angkor pada abad ke-13. Kuil Angkor pernah dijajah oleh Siam pada tahun 1431. Nama modern Angkor Wat, berarti "Kuil Kota", Angkor adalah bentuk perubahan dari kata nokor yang berasal dari kata nagara dalam bahasa Sansekerta yang berarti ibu kota atau negara.

alt

Wat adalah istilah dalam bahasa Khmer untuk kuil atau candi. Sebelumnya nama asli candi ini adalah Preah Pisnulok atau Vishnuloka (tempat dewa Wishnu bersemayam), berdasarkan nama anumerta raja pembangunnya. Angkor Wat adalah pencapaian tertinggi dari arsitektur kuil Khmer, dan hari ini "flagship" dari kuil di Angkor. Candi adalah struktur piramida yang sangat besar. Senyawa di Angkor Wat meliputi area seluas 1.500 dengan 1.300 m (4.920 oleh 4.265 ft) dan dikelilingi oleh parit luas 180 m (590 kaki) lebar.

Sepanjang jalan lintas yang menuju gerbang pintu masuk yang sangat besar adalah langkan berbentuk seperti ular raksasa, yang diyakini untuk mewakili lambang kesuburan kosmik. Candi ini terdiri dari sebuah kompleks menjulang teras dan bangunan kecil yang diatur dalam serangkaian tiga cerita berkurang dan diatasi oleh lima menara. Struktur atap dan unroofed tertutup dengan band-band patung batu berukir halus. Dinding-dinding ditutupi dengan relief ukiran yang menggambarkan mitologi Hindu, terutama adegan yang berhubungan dengan dewa Wisnu.

Add comment