CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> POJOK UNIK Eksterior Jenis Tanaman Yang Pas Untuk Taman Bergaya Minimalis

Jenis Tanaman Yang Pas Untuk Taman Bergaya Minimalis

Jenis tanaman menjadi salah satu unsur yang mampu menunjang tampilan taman. Karena itu, memilih jenis tanaman yang sesuai gaya taman menjadi hal yang penting. Sehingga, tercipta kesan sebuah taman yang menarik dan selaras.

Misalnya pada taman dengan gaya minimalis. Taman minimalis biasanya menghadirkan tanaman bunga mini ataupun tanaman perdu. Ornamen yang digunakan juga dipilih sesuai dengan konsep minimalis dan peletakan tanaman tidak banyak kelokan maupun lengkungan sehingga taman minimalis terlihat sedikit kaku. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengakalinya dengan menghadirkan tanaman-tanaman yang cocok untuk taman minimalis dan mampu membuat taman tampil lebih lunak.

alt

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih jenis tanaman untuk taman minimalis:

  • Mimosa Silver (Acacia Podalyriifolia), bentuknya mirip dengan putri malu/Mimosa pudical. Daunnya berwarna putih (perak), tumbuh sepanjang tahun dan dibiakkan dengan cangkok atau biji.   
  • Tabebuia (Tabebuia Aurea), keluarga Bignoniaceae dengan tinggi sampai 7 meter. Bunganya berwarna kuning serempak, berbunga saat musim pancaroba. Pertumbuhan Tabebuia lambat, tetapi batangnya kuat. Oleh karena itu, tanaman ini pas untuk taman minimalis yang tak perlu memerlukan banyak perawatan (pemangkasan).   
  • Bawang Brojol (Zephyranthes Grandiflora), terkenal dengan sebutan Rain Lily, jika berbunga serempak seperti hujan bunga lili. Bentuknya pun mirip bunga lili, meskipun ukurannya lebih kecil. Dibiakkan dengan umbi, berbunga sepanjang tahun dengan perlakuan khusus serta menyukai sinar matahari langsung dan kering.   
  • Siklok (Agave Attenuata), termasuk salah satu jenis tanaman yang banyak digunakan untuk taman. Daunnya runcing dengan pangkal batang agak kuat dan berwarna hijau keputihan, pinggir daunnya tidak berduri dan tahan terhadap panas.   
  • Iris (Iris Pseudacorus), bunganya berwarna kuning dengan kelir daun hijau berbentuk pita. Tumbuh di tanah yang lembap dan tak tahan kering. Dapat difungsikan sebagai pembatas maupun pengisi taman minimalis. Ada juga yang menanamnya dalam pot.   
  • Melati Air (Echinodorus Phalaefolius), keluarga Alismataceae, berbunga putih seperti melati, tertata pada tangkai bunga yang panjang. Daun lebar, permukaannya kasar. Tidak hanya ditanam di kolam, melati air kerap ditanam di pot. Untuk menanamnya, pot tidak berlubang agar media sela basah dan berlumpur.
  • Dracena tricolor, jenis tanaman yang tiap helai daunnya terdiri dari tiga warna, yaitu coklat, merah dan hijau. Banyak digunakan sebagai tanaman kunci di pinggir gerbang taman.

Selamat memilih tanaman untuk taman minimalis!!!

Add comment

Security code
Refresh