Kelompok Warna-Warna

Kelompok Warna-Warna

Warna bukanlah sesuatu yang asing. Warna begitu akrab dalam kehidupan sehari-hari yang mampu memberikan pengaruh terhadap psikologi seseorang. Selain itu, warna juga dapat menciptakan nuansa keindahan dan membentuk kesan tertentu.

Warna-warna yang kita kenal memiliki makna yang berbeda-beda satu dengan yang lain dan dibagi dalam kelompok-kelompok. Berikut adalah beberapa pembagian warna menurut kemurnian serta temperatur :

Berdasarkan Kemurnian Warna

Warna pokok atau Warna primer, terdiri dari tiga warna yaitu:

· Merah

· Biru

· Kuning

Warna merah, biru, dan kuning selanjutnya disebut lingkaran warna primer.

Warna sekunder, merupakan percampuran warna primer:

· Jingga adalah campuran warna merah dan kuning

· Hijau adalah campuran warna biru dan kuning

· Ungu adalah campuran warna merah dan biru

Biasa disebut lingkaran warna sekunder.

Berdasarkan Temperatur Warna

· Panas, yaitu warna-warna terang, memiliki karakter yang tampil menonjolbila digunakan untuk mewarnai objek dan objek akan nampak lebih besar. Contohnya, warna merah sampai kuning dalam lingkaran warna.

· Dingin, yaitu warna-warna yang dapat memberi kesan dingin dan sejuk. Kelompok warna ini mampu memberikan kesan lebih sempit atau memperkecil objek.Contohnya, warna hingga violet dalam lingkaran warna.

· Netral, yaitu warna di tengah-tengah dalam lingkaran warna, sering digunakan sebagai aksen atau penekanan objek. Contohnya, warna coklat.

Untuk mengaplikasikan warna-warna tersebut pada interior, ada baiknya Anda memahami karakter dari masin-masing warna. Sehingga muncul kesan sesuai yang Anda inginkan.

Key word: warna, warna-warna interior, paduan warna interior, kelompok warna, menciptakan kesan indah dengan warna, tips memilih warna, psikologi warna, efek warna, kesan warna, karakter warna, temperatur warna, warna primer, warna sekunder.