CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> WARNA Ragam Warna Tata Warna Rumah Sesuai Dengan Psikologi Warna

Tata Warna Rumah Sesuai Dengan Psikologi Warna

Warna tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui warna kita mampu mengekspresikan diri bahkan bisa menciptakan karakter. Misalnya pada sebuah ruangan, dengan warna kita dapat memunculkan suasana yang tenang, cerah, nyaman dsb.

psikologi warna

Warna juga dipercaya bisa menstimulasi penyembuhan, dan spiritual. Hal tersebut bisa dilkaukan dengan teknik terapi kesehatan dengan warna atau yang dikenal dengan istilah color teraphy. Pilihlah warna-warna yang teapt untuk menampilkan suasana yang tenang dan nyaman dalam sebuah ruangan sehingga seluruh anggota keluarga betah berada di dalamnya.

Warna-warna yang diterapkan dalam ruangan pada sebuha rumah mampu memberikan efek psikologi bagi penghuninya. Oleh karena itu jika Anda ingin mewarnai rumah sebaiknya Anda mempertimbangkan dengan matang warna apa yang tepat untuk diaplikasi di ruangan Anda sehingga sesuai dengan harapan.

Karena pemilihan warna begitu penting maka pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana menata warna ruangan yang tepat berdasarkan psikologi warna yang dikutip dari architectaria.com berikut ini:

Kepekaan intuisi dalam memadukan keselarasan warna mulai dari pagar, genteng atap, tampak luar bangunan, dinding ruang dalam, pintu, jendela, plafon, perabotan (meja, kursi, lemari, dipan, sampai vas bunga atau ornamen patung), dan jenis tanaman (bunga, daun, dan buah) akan menyatukan atmosfer rumah secara keseluruhan. Perpaduan warna senada pada seluruh bagian dan isi rumah akan menghasilkan keharmonisan, baik untuk peningkatan kualitas kesehatan rumah maupun penghuninya.

Pemilihan warna harus disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi masing-masing ruang. Warna dingin gradasi hijau dan biru menciptakan efek menenangkan pada ruang kerja, ruang membaca, atau kamar tidur, sesuai untuk penghuni aktif yang perlu “didinginkan”. Warna cerah gradasi kuning, oranye, dan merah menstimulasi beraktivitas dinamis pada ruang keluarga, ruang bermain, ruang tamu, dapur, teras, dan carport, sesuai untuk penghuni pasif yang perlu “dirangsang”. Warna ungu yang bersifat menenangkan dapat menstimulasi penyembuhan emosional penghuni rumah, yang bisa digunakan pada ruang keluarga.

Warna-warna bumi (earth tones) seperti hijau daun, coklat tanah, merah bata, abu-abu pasir atau batu, ternyata kini lebih banyak diminati untuk menciptakan suasana yang mendekati alam. Pemilihan gradasi warna coklat tanah pada ruang tamu dan ruang keluarga, dengan warna gelap untuk lantai (simbol tanah/bumi), warna sedang pada dinding dan perabotan kursi, meja, dan lemari (simbol pepohonan, bukit, pegunungan), serta warna terang plafon (simbol langit) merupakan upaya menghadirkan dunia luar ke dalam rumah. Suasana alam yang tenang dan nyaman tersebut mampu menghilangkan stres.

Warna juga mampu menciptakan ruang yang sarat makna spiritual. Kekuatan unsur warna putih sebagai simbol kesucian dan kebeningan jiwa jika dipadukan dengan hijau dapat meningkatkan terapi penyembuhan spiritual. Gradasi biru sebagai simbol air (sumber kehidupan) juga dapat memberikan efek suasana tenang. Warna-warna tersebut biasa digunakan ruang bermeditasi diri, mulai dari ruang shalat, kamar tidur, hingga kamar mandi pribadi.

Add comment