CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> WARNA Roda Warna Kombinasi Warna Eksterior dan Interior

Kombinasi Warna Eksterior dan Interior

Warna merupakan bagian terpenting dari desain eksterior dan interior sebuah rumah. Namun, untuk menentukan perpaduan warna yang pas kita terkadang mengalami kebingungan dan harus mempertimbangkannya berulang kali.

kombinasi warna

Untuk dapat melakukan kombinasi warna pada eksterior dan interior, Anda harus mengetahui lingkaran warna terlebih dahulu agar lebih mudah dalam memadukan warna yang Anda inginkan. Kemudian Anda juga harus mengenal 3 kelas warna sebagai berikut:

  • Warna primer: terdiri dari warna merah, biru, dan kuning. Disebut primer karena tidak dapat diperoleh dari campuran warna-warna lainnya.
  • Warna sekunder: warna yang diperoleh dengan melakukan kombinasi warna primer. Kombinasi dari ketiga warna primer tersebut menghasilkan warna oranye, hijau, dan ungu.
  • Warna tersier: jika warna tiga warna sekunder dikombinasi maka akan diperoleh warna tersier yaitu terdiri dari enam warna.

Dengan demikian Anda sudah memperoleh 12 warna ditambah lagi warna putih dan hitam yang termasuk ke dalam warna netral. Kombinaasi warna putih akan membuat warna menjadi lebih muda, kombinasi warna hitam membuat warna menjadi lebih gelap. Tone warna akan meningkat pada kombinasi warna abu-abu.

Kombinasi antara warna-warna yang masih termasuk sekeluarga atau yang biasa disebut dengan kombinasi monokromatik selalu pas untuk dipadukan. Misalnya warna abu-abu sebagai dasar kemudian tambahkan sentuhan warna netral lainnya sebagai aksen.

Sedangkan untuk kombinasi analog atau kombinasi antara warna-warna yang bersebelahan Anda dapat memadukan warna merah, merah oranye, dan oranye, warna biru, biru violet, dan violet, dsb.

Anda juga dapat melakukan kombinasi antara warna-warna yang berlawanan (paduan warna komplementer atau kontras) karena akan lebih menarik. Setiap warna memiliki pasangan warna yang berlawanan. Misalnya warna merah dengan warna hijau bila dikombinasikan akan terlihat bagus.

Setelah Anda mengetahui tentang lingkaran warna dan kombinasi warna, kini Anda dapat mengaplikasikannya untuk dinding interior atau eksterior rumah Anda.

Add comment