CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> WARNA Roda Warna Mengenal Kelompok Warna Dalam Lingkaran Warna

Mengenal Kelompok Warna Dalam Lingkaran Warna

Agar dapat memilih warna apa yang akan Anda gunakan sebagai warna untuk mendesain interior rumah, Anda perlu mengenal lingkaran warna sehingga Anda akan lebih mudah mengetahui warna-warna dan tidak lagi bingung ketika akan memilih warna interior.

Dengan lingkaran warna, Anda bisa melihat warna-warna apa saja yang berdekatan turunannya (hue). Warna-warna tersebut biasanya terletak berdekatan dalam satu sisi. Dalam lingkaran warna juga ada beberapa pengelompokan warna yaitu:

alt

Warna panas, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning. Warna ini menjadi simbol, riang, semangat, dan marah. Warna panas mengesankan jarak yang dekat.

Warna dingin, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari hijau hingga ungu. Warna ini menjadi simbol kelembutan, sejuk, dan nyaman. Warna dingin mengesankan jarak yang jauh.

Warna kontras atau komplementer, adalah warna yang berkesan berlawanan satu dengan lainnya. Warna kontras bisa didapatkan dari warna yang berseberangan (memotong titik tengah segitiga) terdiri atas warna primer dan warna sekunder. Tetapi tidak menutup kemungkinan pula membentuk kontras warna dengan mengolah nilai ataupun kemurnian warna. Contohnya, warna merah dengan hijau, kuning dengan ungu dan biru dengan oranye.

Warna netral, adalah warna-warna yang tidak lagi memiliki kemurnian warna atau dengan kata lain bukan merupakan warna primer maupun sekunder. Warna ini merupakan campuran ketiga komponen warna sekaligus, tetapi tidak dalam komposisi tepat sama.

Comments   

 
0 #1 Wahyu Tirta 2013-09-06 14:35
hello admin,
saya mau tanya, warna hijau tosca seperti apa sih?
apakah hijau kebiruan?
atau biru kehijauan?
Quote
 

Add comment