CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>> WARNA Roda Warna Mengenal 2 Sistem Warna

Mengenal 2 Sistem Warna

Siapa sih yang tidak kenal warna? warna sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Warna mampu menciptakan keindahan dan memberi nilai estetika. Namun banyak dari kita yang tidak menyadari pentingnya warna dalam kehidupan.

mengenal 2 sistem warnaWarna yang menghiasi dunia ini terdiri dari warna primer, warna sekunder, dan warna tersier. Warna primer yaitu warna dasar yang tidak dapat diperoleh dari campuran warna manapun juga. Yang termasuk warna primer adalah merah, kuning, dan biru. Warna sekunder diperoleh dari campuran ketiga warna primer antara lain oranye (merah dengan kuning), hijau (kuning dengan biru), dan ungu (merah dengan biru). Sedangkan warna tersier merupakan campuran dari warna primer dengan warna sekunder disebelahnya dengan perbandingan yang sama.

Untuk proses pencampuran warna ada 2 cara atau disebut dengan sistem warna. Apa saja sistem warna itu? Kita lihat sama-sama artikel berikut ini:

1.     Warna Additive

Adalah pencampuran warna primer cahaya yang terdiri dari warna red (merah), green (hijau) dan blue (biru) yang disebut dengan istilah RGB, dimana pencampuran ketiga warna primer dengan jumlah yang sama akan menghasilkan warna putih. Kombinasi antara dua warna primer akan menghasilkan warna skunder. warna skunder adalah Cyan (biru kehijau-hijauan) yaitu gabungan warna green dan blue, magenta (merah keungu-unguan) yaitu gabungan warna blue dan red dan yellow (kuning) yaitu gabungan warna red dan green. cara pencampuran warna additive diterapkan pada monitor, TV, Video, Scanner dan lain-lain.

mengenal 2 sistem warna

2.     Warna Subtractive

Adalah warna skunder dari warna additive, namun secara material warna subtractive berbeda dengan warna additive. warna additive dibentuk dari cahaya, sedangkan warna subtractive dibentuk dengan pigment warna yang bersifat transparan. tinta cetak adalah contoh dari pencampuran warna subtractive. warna subtractive terdiri atas cyan, magenta dan yellow, secara teori pencampuran ketiga warna subtractive akan menghasilkan warna hitam, tetapi kenyataan dilapangan adalah warna coklat tua (karena keterbatasan pigment tinta cetak) oleh sebab itu ditambahkan warna hitam (black) dinyatakan dengan simbol K berasal dari kata Key untuk menambah kepekatannya. saat ini warna CMYK menjadi standard dalam proses cetak warna di industri grafika.

Intinya adalah warna-warna Additive berasal dari cahaya sedangkan warna subtractive berasal dari bahan dari pigment warna.

Comments   

 
0 #31 Kisha 2014-07-11 21:10
Hi there! Would you mind if I share your blog with my myspace group?

There's a lot of people that I think would really enjoy your content.
Please let me know. Cheers

My webpage website: http://notsosecretfamilyrecipes.com/groups/nutritional-supplements-that-construct-muscle-mass/
Quote
 
 
0 #32 Jack 2014-07-12 01:57
Do you mind if I quote a few of your posts as long as I
provide credit and sources back to your blog? My website is in the very same area of interest as
yours and my users would genuinely benefit from a lot of the information you present here.
Please let me know if this okay with you. Thanks a lot! www.diabetes.adsboards.com

my homepage ... causes of diabetes: http://diabetes.adsboards.com
Quote
 
 
0 #33 Ned 2014-07-18 05:35
Thanks for sharing your thoughts about warna subtractive. Regards

Stop by my web site magnapress: http://magnapressbekes.hu/
Quote
 

Add comment